Evaluasi SOP

Evaluasi
kesempatan hari ini saya akan menyampaikan tentang SOP.

SOP (Standar operasi prosedur)

SOP adalah suatu set instruksi (perintah kerja) terperinci detail dan tertulis yang harus diikuti demi mencapai keseragaman dalam menjalankan suatu pekerjaan/proyek  tertentu (detailed, written instructions to achieve uniformity of the performance of a specific function) dengan berpedoman pada tujuan yang harus dicapai.

Fungsi

  • mempelancar tugas karyawan/kelompok kerja.
  • untuk dasar hukum kalo ada yg mlenco/tidak seharusnya.
  • untuk mengetahui  masalah-masalahnya agar mudah memperbaiki mslhnya.
  •  Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dalam bekerja.
  • Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin. 

Tujuan 

  • Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
  • Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi
  • Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.
  • Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
  • Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi dan inefisiensi 
SOP dibuat untuk pendoman/meneladani pelaksanaan kerja

Susunan SOP

  • Penulis SOP (author)
  • Pelaksana di lapangan (employee)
  • Pengawas lapangan (supervisor)
  • Atasan pengawas (manager)

 Saat penyusunan SOP

  • SOP harus sudah ada sebelum suatu pekerjaan dilakukan.
  • SOP digunakan untuk menilai apakah pekerjaan sudah dilakukan dengan baik atau belum.
  • Uji SOP sebelum dijalankan, lakukan revisi setelah 1-2 bulan percobaan.
  • Lakukan revisi jika ada perubahan langkah kerja yang diakibatkan oleh adanya mesin baru, peralatan baru, tambahan pekerja, lokasi berbeda, dan/atau apapun yang mempengaruhi lingkungan kerja.
  • Mintalah masukan dari para pelaksana untuk menjadi bahan perbaikan SOP secara teratur

Penulisan SOP

  • Komplit: semua informasi penting yang digunakan untuk menjalankan kegiatan
  • Obyektif: berisikan fakta, bukan pendapat
  • Koheren: menunjukkan alur dan urutan langkah untuk menjalankan kegiatan
  • Jelas dan ringkas: hindari kalimat yang panjang

Ringkasan SOP

  •  SOP adalah cara untuk melaksanakan suatu kegiatan dengan benar dan betul dan tahap" detailnya dengan teliti
  • SOP harus disusu dengan baik tidak boleh ada yg salah

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »